Uang dan Fungsinya

Uang merupakan benda yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Setiap orang tentu mengenalnya baik tua maupun muda,  anak-anak maupun dewasa. Entah apa jadinya dunia ini jika tidak ada uang sebagai alat transaksi dan pembayaran. Uang merupakan suatu benda yang di terima secara umum oleh masyarakat sebagai alat pembayaran atas barang, jasa dan untuk pembayaran utang. Syarat-syarat suatu benda dapat di jadikan uang di antaranya :

1. Dapat diterima secara umum.
2. Memiliki nilai tinggi.
3. Pemerintah menjamin keberadaannya.
4. Mudah di bawa.
5. Memiliki nilai yang stabil.
6. Tahan lama.
7. Mempunyai kualitas yang sama.
8. Jumlahnya dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.
9. Tidak mudah di palsukan.

Sedangkan fungsi uang sendiri bermacam-macam di antaranya :

1. Sebagai alat tukar
Fungsi uang sebagai alat tukar (medium of exchange) adalah fungsi yang mendasar dan sangat umum. Apabila seorang nelayan membutuhkan beras, dia dapat menjual hasil tangkapannya untuk mendapatkan uang yang akan di gunakannya untuk membeli beras.
2. Sebagai satuan nilai
Fungsi ini memudahkan dalam pengukuran terhadap harga-harga barang. Misalnya harga lemari Rp. 500.000 dan meja Rp. 250.000. Berarti nilai Lemari dua kali nilai meja.
3. Standar pembayaran tertunda atau pembayaran utang
Setelah uang di nyatakan dalam satuan nilai dan alat tukar. Uang kemudian di nyatakan atau di jadikan sebagai standar  pembayaran tertunda. Dengan demikian menjadi lebih mudah apabila membayar utang dengan uang dibandingkan dengan barang.
4. Alat penimbun kekayaan
Para pemegang uang biasanya tidak menghabiskan pendapatannya untuk di konsumsi semua, karena sebagian di tabung untuk keperluan masa mendatang serta mengantisipasi pengeluaran tak terduga.
5. Pemindah kekayaan
Contoh : Tuan A punya rumah di Bandung dan berniat ingin pindah ke semarang. Tuan A dapat menjual rumahnya di Bandung dan membeli rumah baru di semarang tanpa perlu repot-repot membongkarnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s