Perbedaan Bank Syariah dengan Bank Konvensional

Akhir-akhir ini mulai banyak bermunculan bank syariah di samping bank konvensional. Namun apakah pengertian bank syariah itu sendiri? Yang saya tahu adalah bank syariah adalah bank yang melakukan aktivitasnya baik dalam penghimpunan dana maupun penyaluran dana berdasarkan atas prinsip syariah dengan berpedoman pada Al-Quran, Hadis, ijma’, Qiyas dll. Sekilas mirip dengan bank konvensional karena kedua-duanya sama-sama menyalurkan dana dari surplus unit ke defisit unit. Mungkin kita akan berpikir
apakah yang membedakan antara bank syariah dan bank konvensional? dan masih banyak yang belum paham tentang perbedaan keduanya.

Berikut ini adalah beberapa perbedaan mendasarnya:

  1. Bank konvensional berbasis bunga, sedangkan bank syariah berbasis bagi hasil.
  2. Bank konvensional memberikan kredit bagi semua jenis usaha selama usaha tersebut masih di legalkan oleh pemerintah. Bank syariah membiayai perusahaan berdasarkan prinsip-prinsip syariah, Usaha seperti minuman keras, perjudian, rokok, barang haram, perusahaan senjata gelap, pornografi tidak di perbolehkan mendapat pembiayaan dari bank syariah.
  3. Bank konvensional mempunyai hubungan kreditur-debitur dengan nasabah, sedangkan bank syariah mempunyai hubungan kemitraandengan nasabah.
  4. Bank syariah memiliki dewan pengawas syariah yang bertindak untuk mengawasi proses penghimpunan dan penyaluran dana, Apakah sudah sejalan dengan prinsip syariah atau belum. Lembaga yang tidak di miliki oleh bank konvensional.
  5. Dalam pengoperasiannya bank konvensional cenderung melakukan pendekatan melalui sektor keuangan tanpa terkait langsung dengan sektor riil berbeda dengan bank syariah yang beroperasi dengan pendekatan sektor riil.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s