Olahraga Minggu Pagi Hari di Sudirman-Thamrin : Dahulu dan Sekarang

Kegiatan bersepeda yang semakin di minati oleh warga JakartaOlahraga bersepeda memang olahraga yang menyenangkan dan mengasyikkan. Pada saat Car Free Day setiap minggu kedua dan minggu keempat setiap bulannya, jalan Sudirman-Thamrin dipenuhi oleh pengendara sepeda. Sepeda yang ada bermacam-macam, mulai dari sepeda ontel, sepeda akrobat, sepeda gunung, sepeda balap, sepeda lipat, sepeda yang aneh-aneh yang saya tidak tahu apa itu namanya sampai sepeda fixie yang katanya sekarang lagi “gaol”.

Jenis sepeda yang beragam ini pula mendorong beberapa orang yang hobi bersepeda untuk membentuk komunitas berdasarkan jenis sepeda yang mereka pakai. Sebagai contohnya, terdapat komunitas-komunitas penggemar sepeda ontel dan sepeda-sepeda lainnya.

Melimpahnya pengendara sepeda menyebabkan pejalan kaki semakin tersisih keberadaannya. Terkadang beberapa pesepeda juga membahayakan para pejalan kaki karena banyak pesepeda yang ngebut dan mengambil jalur pejalan kaki. Karenanya tak jarang ada saja pejalan kaki yang diserempet oleh pesepeda. Hal ini tentu membahayakan orang-orang yang ingin menikmati car free day dengan jogging atau sekedar berjalan santai. Namun, dari pengamatan yang saya lihat setiap minggunya pejalan kaki pada momen car free day atau olahraga setiap minggu pagi semakin berkurang. Mereka seolah tergusur oleh para pesepeda yang jumlahnya setiap hari semakin bertambah banyak.

Oleh karenanya agar pejalan kaki dan pesepeda dapat menikmati car free day dengan tenang dan aman, di butuhkan kedisiplinan dan rasa pengertian dari para pesepeda agar tidak menyerobot jalur pejalan kaki karena akan membahayakan banyak orang. Saya membayangkan apa jangan-jangan nanti di car free day nanti tidak akan ada lagi pejalan kaki yang mengisi car free day. Saya jadi teringat sekitar beberapa tahun lalu ketika berolahraga dan melintasi jalan  sudirman-thamrin pagi hari yang saat itu pejalan kaki masih merajai jalanan dan pesepeda hanya sekian persen saja dari pejalan kaki. Berikut saya lampirkan foto-foto suasana olahraga di sudirman-thamrin minggu pagi hari sekitar 3 tahun lalu dengan sekarang.

pesepeda berbaur dengan pejalan kaki  coba anda hitung berapa banyak pesepeda

car free day yang semakin ramai saja bandingkan dengan beberapa tahun lalu

pertunjukan kuda lumping menarik perhatian orang-orang dahulu masih seperti ini.

Nah bagaimana?. Suasana memang boleh berubah, namun berolahraga adalah hak bagi setiap orang🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s