Mediasi Perbankan

Apabila anda mempunyai sengketa dengan bank karena keluhan anda tidak terselesaikan dengan baik, anda dapat meneruskan sengketa tersebut kepada mediasi perbankan. Mediasi perbankan merupakan suatu proses penyelesaian sengketa antara nasabah dan bank yang difasilitasi oleh Bank Indonesia, untuk mencapai penyelesaian dalam bentuk kesepakatan sukarela.

Keunggulan Penyelesaian Sengketa Dengan Mediasi Perbankan

Proses penyelesaian sengketa melalui mediasi perbankan murah, cepat dan sederhana karena:

  1. Tidak dipungut biaya.
  2. Jangka waktu proses mediasi paling lama 60 hari kerja; dan
  3. Proses mediasi dilakukan secara informal/fleksibel.

Proses Mediasi Perbankan Dalam Penyelesaian Sengketa

  1. Sengketa yang dapat dilakukan melalui mediasi perbankan hanya sengketa yang menyangkut aspek transaksi keuangan anda pada Bank, dengan ketentuan nilai sengketa setinggi-tingginya adalah Rp. 500 juta.
  2. Sebelum melakukan proses mediasi, anda dan bank harus menandatangani perjanjian mediasi yang memuat: (1). Kesepakatan untuk memilih mediasi sebagai alternatif penyelesaian sengketa; dan (2). Persetujuan untuk patuh dan tunduk pada aturan mediasi.
  3. Bank Indonesia selaku mediator akan memfasilitasi pertemuan antara bank dengan anda guna mencari penyelesaian. Dalam pertemuan tersebut, mediator akan: (a). bersikap netral; (b). memotivasi para pihak untuk menyelesaikan sengketa; (c). tidak memberikan rekomendasi atau keputusan. Hasil penyelesaian terhadap sengketa merupakan kesepakatan anda dengan bank.
  4. Apabila dicapai kesepakatan, maka anda dan bank akan menandatangani akta kesepakatan.
  5. Apabila tidak dicapai kesepakatan, anda dapat melakukan upaya penyelesaian lanjutan melalui arbitrase atau pengadilan.

Pengajuan Permohonan Mediasi Perbankan

Bila anda menyelesaikan sengketa anda dengan bank melalui mediasi perbankan, sampaikan permohonan anda disertai dokumen pendukung kepada:

Direktorat Investigasi dan Mediasi Perbankan

Menara Radius Prawiro Lt.20

Jl. MH. Thamrin No.2

Jakarta 10350

Hal-hal yang perlu diperhatikan

  1. Pastikan bahwa sengketa anda memenuhi persyaratan untuk diselesaikan melalui jalur mediasi perbankan.
  2. Sampaikan dokumen secara lengkap disertai data pendukung.
  3. Dapatkan informasi mengenai mediasi perbankan dari bank anda.
  4. Patuhi hasil kesepakatan yang tertuang dalam akta kesepakatan.

*Sumber : Bank Indonesia*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s