Dan Ketika Hari Raya Kurban Tiba

Hari raya Idul Adha layaknya hari-hari besar lain selalu diiringi dengan suasana yang khas. Pedagang sapi dan kambing di pinggir jalan yang menjajakan ternak yang mereka klaim sebagai ternak kurban super turut menghiasi jalanan ibukota dengan aroma khasnya sebagai bumbu pelengkap. Anak-anak  bermain-main di dekat tempat penampungan sementara hewan kurban yang disediakan oleh panitia masjid di setiap gang/kampung. Mereka seakan tak mau ketinggalan menyaksikan saat-saat terakhir dari hewan kurban yang nasibnya berada di golok algojo (tukang jagal ternak – red). Mungkin karena anak-anak ini hanya bisa melihat kambing dan sapi setahun sekali sehingga mereka begitu antusias.

Tak lupa anak-anak ini menalu-nalukan bedug dan bersaing dengan anak-anak di gang/kampung sebelah untuk menunjukkan siapa yang paling bersuara dan siapa yang berhak menjadi yang tersohor di antara anak-anak kampung lain. Gema takbir pun bergema di setiap masjid yang masih akan akan seperti ini sampai tiga hari kedepan (hari tasyrik). Bukan hanya gema takbir saja yang akan mewarnai hari raya Idul Adha, tapi juga aroma khas dari spesies Capra aegagrus sepanjang jalanan yang akan kita arungi untuk bekerja, kuliah atau sekolah atau lainnya. Acara di tipi bertema kurban atau Idul Adha akan menghiasi kotak tontonan kita karena mereka juga tidak mau meninggalkan momen ini.

Idul Adha mengajarkan kepada kita tentang keteladanan Nabi Ibrahim AS yang mengorbankan anak yang dicintainya di jalan Allah yang mana hal ini merupakan ujian yang mahaberat. Idul Adha mempunyai makna bagaimana kita mendekatkan diri kepada Allah SWT, selain itu juga bagaimana mengasah kepekaan kita kepada kepada sesama. Orang yang mempunyai kelebihan harta akan mengorbankan sebahagian rezekinya untuk kaum dhuafa. Hewan yang di kurbankan bermakna sifat mengorbankan sifat binatang yang ada dalam diri manusia seperti rakus, tamak, tidak mematuhi hukum/aturan/norma dan sifat lainnya.

Mudah-mudahan hari raya Idul Adha tahun ini benar-benar memberikan makna kepada kita. Tidak hanya sekedar euforia singkat belaka seperti tim sepakbola Indonesia ketika sedang on fire . Semoga Ibadah Haji yang sedang ditunaikan oleh jutaan saudara-saudara kita disana diterima oleh Allah SWT. Semoga orang yang telah berkurban di terima pahalanya oleh Allah SWT. Kambing dan Sapi yang telah gugur ditangan para algojo akan diganjar oleh Allah SWT satu kebaikan untuk setiap bulunya. Begitupun orang yang menerima daging kurban, semoga mendapat keberkahan dari daging kurban tersebut. Dan ketika hari raya kurban tiba, Saya Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1342 H😀 .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s