Ekspedisi Tanah Papua

Papua, tanah di ujung timur Indonesia yang mempunyai kekayaan alam melimpah nan indah dengan kehidupan masyarakat aslinya yang unik nan eksotis. Papua menyimpan berbagai cerita tersendiri mengenai kehidupan disana. Dari kegigihan orang Papua untuk menjaga adat istiadat dan mempertahankan tanah ulayatnya dari para investor dan pendatang, kesenjangan sosial ekonomi dengan pendatang, kemudian para guru hebat yang mengajar anak-anak di pedalaman hutan papua demi kemajuan Papua.

Membaca buku ini, kita akan melihat pembangunan yang setengah-setengah di Papua. Dapat anda bayangkan, ada sebuah Puskesmas di Pedalaman Papua (185 km dari nabire) yang tidak mempunyai stetoskop atau minimnya pembangunan jalan di Papua sehingga setidaknya ada 297 lapangan udara disana sebagai sarana transportasi. Kisah mengenai rusaknya alam Papua akibat eksploitasi sumber daya alam yang berlebihan dan juga mengenai masyarakat asli yang terasing di tanah sendiri mencerminkan bagaimana pembangunan tidak tepat sasaran.

Kisah-kisah yang disajikan mempunyai latar suasana yang bermacam-macam, cerita gembira, lucu, sedih, haru, miris, pembangunan yang tak tepat sasaran dan pergeseran kultur semuanya tersaji secara lengkap disini. Di buku ini terdapat pandangan-pandangan dari masyarakat Papua tentang kondisi yang terjadi disana.

Papua mempunyai cita-cita untuk maju meskipun sempat tertinggal, karena siapapun ingin dan berhak untuk maju. Untuk menjadi maju harus ada tindakan efektif yang harus dilakukan pemerintah untuk membenahi Papua. ”Untuk membenahi Papua, harus dari pendidikan. Tanpa ini, masyrakat Papua seperti orang Aborigin di Australia yang ditempatkan di cagar alam” begitu kata Mama Esi, salah seorang guru hebat di Papua. Buku ini adalah kumpulan catatan jurnalistik Harian kompas di Papua di tahun 2007. Di dalamnya disajikan juga foto-foto yang menarik dan indah disamping tulisan yang dapat menggugah jiwa. Kita akan melihat dan tergugah oleh kisah kemanusiaan yang terjadi di Papua dan menyadari betapa pentingnya persatuan dan kesatuan NKRI.

Rincian Buku :

Judul : Ekspedisi Tanah Papua.

Penerbit : Penerbit Buku Kompas.

Tanggal : November 2008.

Halaman : XIV + 294 halaman.

Dimensi : 15 x 23 cm

Harga : IDR 51.000

2 comments on “Ekspedisi Tanah Papua

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s