ID Card di Angkot

Ada yang tak biasa dengan angkot yang biasa saya tumpangi selepas pulang kuliah seminggu yang lalu. Angkot D02 – Ciputat-Pd.Labu dilengkapi dengan identitas sopir angkot tersebut layaknya sebuah taksi. Kartu pengenal (ID card) tersebut terlihat sederhana dibandingkan kartu pengenal pada taksi. Sudah lumayan karena sudah di ketik komputer dan dilengkapi foto. Kartu pengenalnya di laminating biasa dan tidak menggunakan plastik keras yang kokoh seperti taksi-taksi pada umumnya.

Begitupun ketika saya menumpang Kopaja 615 jurusan Tanah Abang – Lebak Bulus, pengemudi dan kernetnya sudah dilengkapi dengan ID card. Sama seperti di angkot, ID cardnya juga sederhana. Belakangan ketika saya melewati terminal lebak bulus, tepat di jembatan penyeberangan sebelum stadion Lebak Bulus, terdapat spanduk yang menyatakan bahwa setiap kendaraan umum wajib memasang ID card pengemudinya.

Cukup melegakan mengingat hal ini cukup memberikan rasa aman dan nyaman bagi penumpang. Dengan adanya identitas setiap orang tahu siapa sopir tersebut, nomor bisnya dan lain-lain yang akan berguna jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Memang belum banyak yang memasang ID card, namun setelah dilakukan sosialisasi kepada seluruh pelaku transportasi umum diharapkan setiap angkutan telah memasangnya. selain itu, untuk ke depannya diharapkan bukan saja angkot, tetapi juga ID card ini dapat dipasang di setiap motor para tukang ojek karena bagaimanapun ojek juga merupakan salah satu angkutan yang sering dipakai warga Ibukota.

2 comments on “ID Card di Angkot

  1. hehe inisiatif yang bagus. tapi jangan cuma untuk angkot yang di terminal tapi juga angkot yang di daerah penyangga ibukota. banyak supir ugal-ugalan dan seenaknya mengoper penumpang. dan sebaiknya biaya untuk seragam supir angkot jangan dibebankan ke supirnya agar mereka antusias melaksanakan kewajibannya. i appreciate that’s rule and i hope the transportation’s system will be better.

    • iya betul, pemerintah jgn hanya bikin peraturannya aja, tapi juga kasih insentif buat sopirnya. selain itu pengamanan juga harus ditingkatkan agar jangan sampai terjadi kejahatan lg di angkot. seperti di angkot M-26 Kampung – Melayu Bekasi baru-baru ini😦 . mudah-mudahan transportasi ibukota bisa memberikan rasa aman dan nyaman.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s