Redenominasi Rupiah

Sebagian dari kita mungkin berpikir bahwa uang rupiah yang selama ini kita pegang agak merepotkan karena begitu banyaknya angka nol. Nilai satu rupiah sudah tidak berharga dan bahkan nilai 100 rupiah tidak bisa ditukar dengan apapun karena nilainya yang rendah. Perhitungan akuntansi dan statistik tentunya akan lebih mudah jika angkanya tidak sebanyak itu.

Untuk itu akhir-akhir ini muncul wacana mengenai redenominasi dimana nilai rupiah akan dipangkas 3 angka dari belakang. Artinya uang Rp 1.000 akan berubah menjadi Rp 1 tanpa mengubah nilainya. Jadi kita dapat membeli beras seharga Rp 10 yang tadinya harganya Rp 10.000. Redenominasi hanya memangkas 3 angka nol tersebut tanpa mengurangi nilai.

Berdasarkan data yang didapatkan kompas.com dari Bloomberg dan Fox menyebutkan, rupiah merupakan satu dari 10 mata uang di dunia yang dikategorikan mata uang sampah karena kebanyakan angka nol. Adapun ke-10 negara yang mata uangnya dikategorikan mata uang sampah berturut-turut adalah Zimbabwe, Vietnam, Sao Tome dan Principe, Laos, Iran, Indonesia, Guinea, Turkmenistan, Paraguay, dan Zambia.

Dengan berkurangnya 3 angka nol setidaknya mata uang rupiah tidak dikategorikan lagi menjadi mata uang sampah, serta menjadi kebanggaan bagi kita. Akan tetapi syarat untuk redenominasi cukup berat. Pemerintah dan Bank Indonesia (BI) harus melakukan sosialisasi secara intensif kepada seluruh masyarakat agar redenominasi yang dilakukan berjalan lancar. Kejadian pemotongan angka nol tahun 1965-1966 yang tidak berjalan berjalan lancar tak boleh terulang lagi. Masyarakat harus tahu bahwa mereka tidak dibuat miskin oleh redenominasi.

Selain itu, untuk menjaga agar redenominasi tetap berjalan lancar, dibutuhkan kestabilan politik dan ekonomi yang baik disamping menjaga tingkat inflasi agar berada di level yang rendah. Sementara itu, redenominasi diperkirakan makan waktu selama 5-10 tahun. Jadwal redenominasi seperti yang disusun BI adalah:

  • 2011-2012 : Sosialisasi
  • 2013-2015 : Masa Transisi
  • 2016-2018 : Penarikan Mata Uang Lama
  • 2019-2022 : Penghapusan Tanda Redenominasi di Mata Uang dan Proses Redenominasi Selesai.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s