Budaya kerja Google

Industri teknologi dan Informasi khususnya industri internet (atau lebih dikenal dengan industri dot-com) selalu dituntut untuk kreatif agar tidak menjadi usang. Selama ini telah banyak perusahaan dot-com yang berguguran digerus zaman sudah yang semakin cepat mengikuti perkembangan teknologi. Namun Google dapat dikatakan pengecualian.
Google yang tadinya adalah sebuah mesin pencari di Internet telah berkembang sedemikian pesat. Setelah lebih dari 15 tahun terakhir sejak tahun 1996, google tidak hanya mengandalkan fasilitas mesin pencarinya saja, melainkan juga layanan atau program-program lainnya. Di web browser, kita mengenal Google Chrome, untuk share video ada Youtube, Blogspot untuk yang suka nge-blog, Google++ jejaring sosial yang akan menjadi rival facebook, Picasa untuk editing, manajemen dan share foto, aplikasi office Google Docs, Google SketchUp program modelling 3D, Google Adsense untuk beriklan, Google Talk, Gmail, Google Earth dan masih banyak lainnya. Diakui atau tidak, hampir semua layanan google mendapat sambutan hangat dari berbagai pihak.
Kesuksesan dari Google ini membuat banyak orang bertanya-tanya seperti apa budaya kerja di Google?. Berikut uraiannya.

  • Filosofi Google yaitu “menghasilkan uang tanpa harus berbuat jahat”, “Serius tanpa harus berseragam” dan “pekerjaan harus menantang dan tantangan harus menyenangkan”.
  • Google menerapkan budaya kerja yang santai dan unik dengan memadukan proses bekerja, belajar sekaligus bersenang-senang.
  • Mempertahankan citarasa perusahaan kecil meski kenyataannya sekarang sudah menjadi perusahaan besar.
  • Innovation Time Off. Dalam program ini, para insinyur Google dipersilakan memakai 20% jam kerjanya untuk meninggalkan pekerjaan rutin dan menggarap proyek yang mereka sukai.
  • April Mop, Lelucon konyol setiap 1 April untuk mempererat keakraban dikalangan pegawai.
  • GooglePlex, kompleks perkantoran google yang mengakomodasi budaya kerja google.

3 comments on “Budaya kerja Google

    • Sebelumnya terima kasih udah berkunjung🙂

      saya coba ngambil contoh yang nmr empat. innovation time off membuat semua insinyur google lebih kreatif dan atraktif. tentu lebih banyak orang yg akan menuangkan ide dan lebih efektif dibandingkan jika idenya hanya dikeluarkan oleh satu atau beberapa orang. kesempatan untuk berkreasi ini benar2 dimanfaatkan oleh karywan google sehingga google bs mengeluarkan bnyk produk dan layanan. google adsense adalah salah satu hasil dari innovation tmi off ini.

      selain itu, dengan budaya kerja google yg seperti ini, para karyawannya banyak yg kangen untuk bekerja (kalo kebanyakan org bnyk yg kangen rumah ketika kerja), karena cintanya akan pekerjaan maka hasil kerjanya memuaskan dan inovatif, selanjutnya google menjadi besar seperti skrg. semua berkat karyawan yang bekerja sesuai dengan filosofi awalnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s