Abad Prahara : Ramalan Kehancuran Ekonomi Dunia Abad ke-21.

Alan Greenspan menjabat sebagai Ketua Dewan Gubernur Bank Sentral Amerika atau sering disebut The Fed tahun 1987 – 2006 atau pada masa kepresidenan Ronald Reagen hingga George W. Bush. Sebelumnya, Alan Greenspan menjadi konsultan pada firma konsultasi ekonomi bernama Towsend – Greenspan & Co. Pada tahun 1954 dan menjadi ketua Dewan Penasehat ekonomi tahun 1974-1977 atau pada masa kepresidenan Gerald Ford. Tak hanya di bidang ekonomi, Alan Greenspan juga menjadi bagian dari Partai Republik, diawali dengan menjadi staf sukarela pada kampanye kepresidenan Ricahrd Nixon. Alan Greenspan lebih suka menyebut dirinya sebagai Republik-Libertarian.

Buku ini adalah buku bacaan ekonomi, akan tetapi dapat juga dikatakan sebagai buku biografi karena didalamnya menceritakan kehidupan Alan Greenspan dari masa kecil hingga masa akhir jabatannya sebagai ketua The Fed. Entah anda akan menyebutnya sebagai buku biografi ekonominya Alan Greenspan atau buku ekonomi biografinya Alan Greenspan terserah, yang pasti isi dari buku ini menceritakan fenomena-fenomena ekonomi yang dialami Alan Greenspan sepanjang hidupnya, tentu saja dari sudut pandang dia yang merupakan seorang kapitalis modern yang memegang teguh doktrin pasar bebas.

Buku ini terdiri dari 25 Bab, yang membahas tentang dinamika ekonomi Amerika Serikat dan Juga Ekonomi Global. Salah satu pembahasan tentang ekonomi global yaitu tentang dinamika ekonomi Cina yang berubah dari negara yang terkurung dibalik tirai bambu akan menjadi negara industri maju sekaligus menjadi kompetitor serius Amerika Serikat dalam ekonomi global.

Juga dibahas persoalan negara-negara lain seperti nasib Uni soviet ketika runtuh dan Rusia sebagai pewarisnya mengalami kemunduran akibat lemahnya hukum dan politik-ekonomi oligarki. India yang tengah bangkit berkat keuletan masyarakatnya dan ketidakmerataan ekonomi yang menjadi tantangan serta persoalan negara-negara Amerika Latin yang berulang kali jatuh bangun karena kebijakan populis yang diambil pemimpin negara-negara itu yang menurutnya tidak efektif.

Bagaimana dengan indonesia?. Alan Greenspan menyebut sistem ekonomi Indonesia sebagai kapitalisme kroni, namun penjabaran untuk ekonomi Indonesia sangat sedikit. Untuk kawasan Asia Timur, kebanyakan hanya menuliskan kondisi ekonomi macan-macan Asia seperti Korea Selatan, Hongkong, Singapura dan Taiwan.

Sebagai Ketua The Fed, Alan Greenspan tidak hanya menyoroti masalah Global melulu, masalah dalam negeri negaranya seperti defisit dan surplus anggaran, inflasi, perkembangan tekonologi, pengangguran dan produktivitas masyarakat hingga panasnya pasar saham akibat ledakan industri teknologi di Sillicon Valley juga turut dibahas dalam buku ini. Dan tak ketinggalan bagaimana dilemanya dia antara memilih kebijakan populis dengan kebijakan atas independensi The Fed dalam menentukan arah ekonomi negaranya.

Dalam Buku ini, Alan Greenspan mampu menetralisir pandangan negatif terhadap kapitalisme, dan mampu mempertemukan Kapitalisme dan Sosialisme dalam suatu tataran praksis, lanjutnya kepastian hukum menjadi syarat mutlak dalam mencapai suatu tujuan. Selain itu ada hak properti yang menurutnya merupakan hal mutlak yang harus dijamin oleh negara untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, yang pada akhirnya dapat menciptakan kesejahteraan seluruh masyarakat.

Weakness point dari buku ini adalah tidak adanya pembahasan tentang dinamika ekonomi di kawasan Afrika. Tentunya akan menarik jika Alan Greenspan yang bersudut pandang ekonomi pasar bebas yang fanatik membahas tentang ekonomi di kawasan yang menjadi kantong kemiskinan ini.

Rincian Buku

Judul                 : Abad Prahara : Ramalan Kehancuran Ekonomi Dunia Abad ke-21.

Judul Asli      : The Age Of Turbulence : Adventures In a New World

Pengarang     : Alan Greenspan.

Penerbit         : Gramedia Pustaka utama.

Terbit              : November 2008.

Halaman        : XXVIII + 555 Halaman.

Berat                : 199 gram.

Dimensi         : 14 x 21 cm.

Harga             : IDR 85.000

4 comments on “Abad Prahara : Ramalan Kehancuran Ekonomi Dunia Abad ke-21.

  1. Buku ini luar biasa,buku yang meramalkan kehancuran ekonomi global sudah diambang pintu, sudah didepan mata kita, walaupun ahli ahli lain bermimpi sebaliknya.

    Buku ini unik, karena secara akurat menyebutkan, titik tolak dunia ini mulai tidak stabil adalah tahun 1914, tahun dimana peradaban manusia mulai menjadi edan, dan puncak ke edanannya, sekarang ini !

    R.Hindar Boesono 02518376139.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s