Andai Timnas Sepakbola Yugoslavia masih ada

Yugoslavia pecah menjadi banyak negara akibat perpecahan etnis. Negara-negara termasuk pecahan Yugoslavia yaitu Serbia, Kroasia, Slovenia, Bosnia-Herzegovina, Montenegro dan Macedonia. Tulisan saya kali ini murni berbicara tentang sepakbola, dan tidak ada hubungannya sama sekali dengan perpolitikan atau ideologi apapun, hanya membahas masalah seputar sepakbola. Dalam persepakbolaan internasional, negara-negara pecahan Yugoslavia tersebut seringkali menjadi kuda hitam yang merusak dominasi timnas-timnas mapan Eropa dan Amerika Latin. Jika saja Negara Yugoslavia masih ada, pastilah akan menjadi timnas sepakbola yang disegani.

Dalam Rangking FIFA, prestasi negara-negara pecahan Yugoslavia ini tidak bisa dibilang buruk bahkan bisa dibilang luar biasa untuk ukuran negara-negara yang baru merdeka dan jumlah penduduk yang sedikit. Berdasarkan Data FIFA (7 Maret 2012), Kroasia bertahta di peringkat 10, Bosnia-Herzegovina 21, Serbia 26, Slovenia 28, Montenegro 44 dan Macedonia 102. Tidak mengherankan jika peringkat FIFA timnas negara-negara pecahan Yugoslavia cukup “berwibawa”. Bahkan beberapa pemainnya merupakan tulang punggung dari klub sepakbola elite Eropa.

Ayo kita bayangkan kira-kira seperti apa line up timnas Yugoslavia saat ini. Dimulai dari penjaga Gawang, ada Samir Handanovic, kiper timnas Slovenia yang dipercaya menjadi kepercayaan dibawah gawang Udinese. Dalam bertahan, pemain depan lawan dijamin akan kesulitan menembus pertahanan yang dijaga oleh Branislav Ivanovic (Chelsea/Serbia), Aleksandar Kolarov (Manchester City/Serbia), Nemanja Vidic (Manchester United/Serbia) dan Vedran Corluka (Bayer Leverkusen/Kroasia). Untuk urusan kreasi serangan, para striker akan dimanjakan oleh bola matang dari Niko Kranjcar dan Luka Modric (Tottenham Hotspur/Kroasia) dan Dejan Stankovic (Inter Milan/Serbia). Dan untuk mencetak gol barisan penyerang seperti Mirko Vucinic (Juventus/Montenegro), Ivica Olic (Bayern Munich/Kroasia) dan Edin Dzeko (Manchester City/Bosnia-Herzegovina) siap menggedor pertahanan lawan. Beberapa dari mereka mungkin kurang cocok jika dipadukan satu sama lain, akan tetapi masih banyak lagi pemain-pemain hebat lainnya.

Bisa dibayangkan jika timnas sepakbola Yugoslavia masih ada, bukan tidak mungkin mereka akan menjadi jawara Eropa. Kemampuannya bisa saja lebih hebat dari timnas Inggris atau Portugal sekalipun. Akan tetapi ini semua cuma bayangan dan angan-angan (baca: mimpi), tampaknya tak akan pernah menjadi kenyataan lagi.

6 comments on “Andai Timnas Sepakbola Yugoslavia masih ada

  1. iya, mungkin serbia terlalu egois sampai negara yugoslavia pecah, diktator mulu pemimpinnya serbia sampe terjadilah perang saudara

  2. dulu saya inget sama mijatovic , sama bobic .. itu trmasuk yugoslavia juga ya apa kroasia .. nge fans tu sama 2 striker itu … sungguh eman-e

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s